Akselerasi Sekolah adalah Metode Pendidikan Bagi Murid Berbakat, Ketahui Cara Mendidiknya

060772300_1705626304-husniati-salma-cloQlpJ2RBU-unsplash

Liputan6.com, Jakarta Akselerasi sekolah adalah suatu program atau metode pembelajaran yang dirancang, untuk memungkinkan siswa menyelesaikan tingkat pendidikan mereka dengan lebih cepat dari waktu yang umumnya ditentukan. Akselerasi dapat mencakup beberapa bentuk, termasuk percepatan kurikulum, pembelajaran berbasis proyek, atau penyelenggaraan ujian penempatan yang memungkinkan siswa untuk melompati tingkat tertentu.

Pada dasarnya, akselerasi sekolah bertujuan memberikan tantangan yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat siswa yang lebih tinggi, sehingga mereka dapat mengembangkan potensi mereka secara optimal. Program ini memungkinkan siswa untuk mengejar atau melebihi standar kurikulum yang biasa, sering kali dengan mempercepat ke tingkat yang lebih tinggi, atau melibatkan materi yang lebih mendalam.

Keputusan untuk mengimplementasikan akselerasi sekolah dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kebutuhan dan kemampuan individu siswa, serta visi dan kebijakan sekolah atau distrik pendidikan. Pada umumnya, akselerasi sekolah dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan tingkat pemahaman dan kecepatan belajar siswa yang lebih tinggi, serta untuk memastikan bahwa mereka tetap terlibat dan termotivasi di dalam lingkungan pendidikan.

Berikut ini cara mendidik siswa akselerasi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/3/2024). 

Apa Itu Akselerasi Sekolah dan Programnya

Akselerasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, dapat diartikan sebagai percepatan, peningkatan kecepatan, atau laju perubahan kecepatan. Dalam konteks pendidikan, E. Mulyasa (2003:161) mendefinisikan akselerasi sebagai sebuah metode pembelajaran yang memungkinkan siswa, memiliki kemampuan di atas rata-rata untuk menyelesaikan materi pembelajaran lebih cepat daripada yang telah ditentukan.

Oleh karena itu, kelas akselerasi dirancang khusus untuk siswa yang dapat menangkap dan memahami materi dengan cepat, memungkinkan mereka menempuh studi dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada kelas reguler. Tujuan utama dari kelas akselerasi adalah memenuhi kebutuhan belajar para peserta didik, sehingga mereka dapat membentuk karakteristik baik dari segi afektif maupun kognitif.

Akselerasi sekolah diimplementasikan untuk memberikan tantangan yang sesuai, dengan tingkat pemahaman siswa. Sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif, terhadap perkembangan mereka secara menyeluruh. Idealnya, program akselerasi tidak hanya memberikan manfaat bagi para siswa yang mengikuti kelas tersebut, tetapi juga memastikan bahwa hak-hak guru terpenuhi. Pemenuhan hak asasi manusia khususnya hak belajar, harus dijamin untuk seluruh peserta didik sesuai dengan kebutuhan pembelajaran mereka.

Umumnya, program akselerasi menawarkan kurikulum yang lebih padat dan mendalam. Ini mencakup pembelajaran yang lebih kompleks dan mendalam di berbagai bidang studi. Siswa yang mengikuti program akselerasi biasanya ditempatkan dalam kelas khusus yang memungkinkan mereka, untuk berinteraksi dengan materi yang lebih menantang dan kompleks, serta terlibat dalam proyek-proyek belajar yang lebih mendalam dan mandiri. Di beberapa sekolah, program akselerasi mungkin dikenal atau disebut sebagai Sistem Kredit Semester (SKS).

Ciri-Ciri Anak Akselerasi

1. Mampu Belajar Cepat dan Punya Konsentrasi yang Baik

Anak-anak dalam program akselerasi sekolah biasanya memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi, dibandingkan dengan anak-anak sebaya mereka. Mereka mampu menyerap dan memahami materi pelajaran dengan lebih cepat, sehingga pembelajaran dapat dipercepat agar tetap dapat memenuhi kebutuhan intelektual mereka. Selain itu, anak-anak berbakat yang mengikuti program akselerasi sekolah juga memiliki kemampuan konsentrasi yang lebih baik. Mereka mampu fokus pada pembelajaran dan menyelesaikan tugas dengan efisien. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyerap lebih banyak informasi dalam waktu yang lebih singkat. Dalam kelas-kelas akselerasi sekolah, mereka dapat diajak berdiskusi dan berinteraksi dengan sesama anak berbakat, sehingga mereka dapat terus belajar dan berkembang sesuai minat dan bakat mereka.

2. Memiliki Kemampuan Memecahkan Masalah dengan Efektif

Akselerasi sekolah adalah sebuah program khusus yang memberikan kesempatan, bagi anak-anak untuk mengikuti pembelajaran dengan waktu yang dipercepat serta kurikulum yang lebih menantang. Salah satu kemampuan yang diajarkan dan dikembangkan dalam akselerasi sekolah adalah kemampuan memecahkan masalah dengan efektif. Anak-anak berbakat dituntut untuk dapat dengan cepat mengidentifikasi dan menganalisis masalah, mencari solusi yang tepat, serta melaksanakan langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut. Kemampuan memecahkan masalah dengan efektif sangat penting dalam kehidupan sehari-hari anak-anak berbakat. Mereka akan dihadapkan pada berbagai tantangan dan permasalahan yang membutuhkan solusi yang cerdas dan inovatif. 

3. Memiliki Pengetahuan yang Luas

Dalam program akselerasi, anak-anak yang memiliki potensi luar biasa akan diajar dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan anak-anak seumurannya. Adapun materi pembelajaran disampaikan dengan cara yang lebih mendalam dan secara terperinci. Anak-anak diberikan kesempatan untuk mempelajari topik-topik yang biasanya diajarkan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan memiliki pengetahuan yang luas, anak-anak berbakat dapat mengeksplorasi dan mengembangkan minat dan bakat mereka di berbagai bidang. Mereka dapat lebih cepat memahami konsep-konsep yang kompleks, serta mampu menerapkan pengetahuan yang mereka dapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Punya Tujuan Jelas dan Tidak Mudah Putus Asa

Dengan memiliki tujuan yang jelas, mereka memiliki panduan untuk memotivasi diri dan tetap fokus dalam menjalani program akselerasi. Mereka tahu secara pasti apa yang ingin mereka capai dan berusaha keras untuk mencapainya. Selain itu, tidak mudah putus asa juga merupakan sikap yang penting dalam menjalani akselerasi sekolah. Program akselerasi mungkin memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan program reguler. Anak-anak yang mengikuti akselerasi harus siap menghadapi tantangan tersebut, dan tidak mudah menyerah ketika menghadapi kesulitan.

5. Punya Keterampilan Sosial yang Baik

Dalam kelas akselerasi, kegiatan pembelajaran dilakukan dengan percepatan waktu sehingga siswa dapat menyelesaikan materi dengan lebih cepat dan lanjut ke tingkat selanjutnya. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam kelas akselerasi adalah keterampilan sosial siswa. Meskipun memiliki kecerdasan di atas rata-rata, siswa dengan bakat yang luar biasa ini juga perlu dilengkapi dengan keterampilan sosial yang baik. Keterampilan sosial yang baik akan membantu siswa dalam berinteraksi dengan teman sekelasnya, guru dan orang-orang di sekitarnya.

Cara Mendidik Anak Akselerasi

1. Dorong Mereka Melakukan Hal-Hal yang Tidak Mereka Kuasai

Dalam akselerasi sekolah, kelas-kelas khusus disusun dengan waktu dan kurikulum pembelajaran yang dipercepat. Dengan mendorong anak-anak untuk melakukan hal-hal yang tidak mereka kuasai, akselerasi sekolah juga membantu mengatasi kejenuhan dalam belajar. Anak-anak berbakat sering merasa bosan jika tidak ada tantangan baru dalam pelajaran mereka. Namun, dengan adanya program akselerasi sekolah, mereka dapat terus berkembang dan memperdalam pengetahuan mereka. Hal ini juga mendorong mereka untuk bersaing dengan diri sendiri, serta menjadikan mereka lebih percaya diri dan termotivasi untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi.

2. Berikan Mereka Semua yang Dibutuhkan agar Mereka Sukses

Salah satu prinsip dalam akselerasi sekolah adalah memberikan mereka semua yang dibutuhkan agar mereka sukses. Pada kegiatan kelas dalam akselerasi sekolah, waktu dan kurikulum pembelajaran dipercepat, sehingga anak-anak berbakat dapat mengejar kurikulum yang lebih tinggi, dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya. Hal ini dilakukan agar mereka bisa mengembangkan potensi mereka secara optimal. Namun, dalam memberikan akselerasi sekolah, perlu diperhatikan beberapa hal. Pertama, diperlukan adanya dukungan yang memadai dari sekolah dan lingkungan sekitar. Anak-anak berbakat perlu didukung secara maksimal agar mereka dapat berkembang dengan baik. Dukungan ini dapat berupa fasilitas belajar yang memadai, seperti perpustakaan, laboratorium dan teknologi canggih untuk mendukung pembelajaran mereka.

3. Bantu Saat Mereka Membutuhkan

Salah satu aspek penting dari akselerasi sekolah, adalah memberikan bantuan saat anak-anak tersebut membutuhkannya. Pada saat anak-anak berbakat menghadapi kesulitan dalam perkembangan mereka, bantuan dan dukungan sangatlah penting. Banyak anak berbakat mengalami tekanan dan kecemasan, sebagai akibat dari tuntutan yang tinggi yang diberikan oleh program akselerasi sekolah. Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan guru untuk memberikan bantuan dan dukungan emosional kepada anak-anak ini. Bantuan juga dapat diberikan dalam bentuk dukungan akademik. Pada situasi seperti ini, bantuan tambahan dari guru atau tutor dapat membantu anak-anak memahami materi dengan lebih baik dan mencapai prestasi yang lebih baik.

4. Jangan Berasumsi Mereka Selalu Bisa

Meskipun anak-anak ini memiliki potensi yang luar biasa, kita tidak boleh asumsi bahwa mereka selalu dapat mengatasi semua tugas dan tantangan yang diberikan. Mereka yang mengikuti akselerasi sekolah seringkali memiliki level kecerdasan yang di atas rata-rata dan kecepatan belajar yang lebih tinggi. Namun, ini tidak berarti bahwa mereka tidak akan menghadapi kesulitan atau stres. Dalam pelaksanaan program akselerasi sekolah, penting bagi para pengajar dan orang tua untuk memahami bahwa anak-anak berbakat juga memiliki kelemahan dan batasan. Beban kerja yang terlalu berat atau tekanan yang tinggi dapat mengakibatkan ketegangan emosional dan mental pada mereka. Maka dari itu, berikan perlakuan yang adil dan kesempatan untuk beristirahat dan bersantai, agar mereka tidak terlalu terbebani.

5. Hindari Membandingkan Anak

Salah satu hal yang penting dalam menjalankan program akselerasi sekolah adalah hindari membandingkan anak. Kebiasaan membandingkan anak dengan yang lain, dapat menimbulkan dampak buruk terhadap psikologis anak. Anak-anak berbakat di kelas akselerasi sudah memiliki tekanan yang cukup besar untuk mengikuti kurikulum yang lebih cepat, dan membandingkan mereka akan semakin menambah tekanan tersebut. Oleh karena itu, sebagai orang tua dan pendidik, kita perlu memahami bahwa setiap anak memiliki potensi dan bakatnya sendiri. Fokuslah pada perkembangan dan kemajuan anak, bukan membandingkannya dengan orang lain. Dengan memberikan perhatian dan dukungan yang cukup, anak-anak berbakat dalam program akselerasi sekolah dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensinya.